LAKMUD PK IPNU IPPNU UINSA 2024: “Adhigana Prayatna: Perkuat Trilogi dengan Membangun Kader Militan Yang Progresif dan kompetitif”

 

LAKMUD PK IPNU IPPNU UINSA 2024: “Adhigana Prayatna: Perkuat Trilogi dengan Membangun Kader Militan Yang Progresif dan kompetitif”

Pengkaderan sangat penting untuk dilakukan, mengingat fungsi dari kaderisasi adalah mempersiapkan calon-calon pemimpin dalam proses regenerasi untuk melanjutkan tonggak estafet perjuangan dalam suatu organisasi. Para kader ini nantinya diharapkan mampu menjadi pemimpin yang kompeten, bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan, dan mampu menyelesaikan permasalahan yang timbul. Kegiatan LAKMUD ini diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah, menjamin keberlangsungan organisasi, sekaligus sebagai sarana belajar bagi seluruh anggotanya.

Didasari dengan kesadaran akan pentingnya kaderisasi dalam suatu organisasi, Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) UIN Sunan Ampel Surabaya, menggelar kegiatan LAKMUD (Latihan Kader Muda) 2024 dengan mengusung tema Adhigana Prayatna : Perkuat Trilogi dengan Membangun Kader Militan Yang Progresif dan kompetitif, bertempat di SMP Wahid Hasyim 11 buduran, Kab Sidoarjo, Jawa Timur.

Krishna Ardiansyah selaku Ketua Pelaksana Kegiatan melaporkan, Kegiatan LAKMUD 2024 diikuti oleh sejumlah 37 orang yang terdiri atas 26 peserta internal dan 11 peserta eksternal. Lebih lanjut ia mengungkapkan, rasa terimakasih dan harapan agar para peserta dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari kegiatan LAKMUD ini,

Saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada panitia OC maupun SC atas partisipasi dan  kerja samanya untuk menyiapkan serta menyelenggarakan acara ini dan tak lupa pula kepada seluruh peserta terimakasih atas antusiasnya turut serta dalam mengikuti acara LAKMUD PK IPNU IPPNU UINSA ini semoga kalian bisa mendapat ilmu-ilmu yang bermanfaat dari para pemateri.

Kegiatan LAKMUD ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencetak kader muda IPNU IPPNU yang menjadi cikal bakal penerus perjuangan Nahdlatul Ulama dan sebagai pengkaderan tingkat lanjut yang rutin diadakan oleh PK IPNU IPPNU UINSA disetiap periode

Rangkaian kegiatan LAKMUD digelar dalam 3 hari, yaitu pada tanggal 31 Mei – 2 Juni 2024 2024. Adapun materi yang disampaikan pada hari pertama, 31 Mei 2024 mencakup “Aswaja II” yang disampaikan oleh H. M. As’ad Nahdly M. Pd.I. Materi ke-2 “Ke-NU an II” oleh KH. Zainal Abidin. Pada hari ke dua, 1 Juni 2024, mencakup “IPNU IPPNU II” disampaikan oleh PC IPNU IPPNU Surabaya. Materi ke-4 “Ke-Indonesia an II” oleh Bapak Budi Hariyanto M. Fil.I. Materi ke-5 “Manajemen Organisasi & Kepemimpinan” oleh Rekan Iqbal Hamdan Habibi. Materi ke-6 “Komunikasi & Kerjasama Tim” oleh Rekan Ali Mursyid Azisi. Materi ke-7 “Teknik Diskusi & Persidangan” oleh Rekan Abid Mukhtar Robby. Materi ke-8 “Scientific Problem Solving” oleh Rekan Deni Saputra. Materi ke-9 “Manajemen Konflik” oleh Rekan Mohammad Nasih Al Hashas. Materi ke-10 “Networking & Lobbying” oleh Rekan Najih Sa’dullah. Diakhiri materi ke-11 “Critical Thinking” oleh Rekanita Herlina Dwi Ariani. Kemudian pada hari ke-3 para peserta LAKMUD melakukan kegiatan Outbond dan dilanjutkan RTL (Rencana Tindak Lanjut) sebagai bentuk penugasan kepada para peserta setelah mengikuti LAKMUD.

Ketua IPNU PK UINSA, rekan Muhammad Doktor Muhammad dalam sambutannya menyatakan,

“Lakmud merupakan jenjang kaderisasi kedua setelah MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota) yang bertujuan untuk mencetak kader yang memiliki watak, motivasi pengembangan diri, rasa memiliki organisasi dan keterampilan dalam berorganisasi. Selain itu pula LAKMUD ini kami laksanakan sebagai upaya membentuk standart kader yang mandiri.”, demikian pungkasnya.

Keberhasilan kegiatan LAKMUD 2024 terselenggara atas kerjasama dan dedikasi seluruh panitia, khususnya para pengurus PK IPNU IPPNU UINSA serta antusiasme yang sangat besar dari para peserta, baik dari internal maupun eksternal yang mengikuti kegiatan tersebut. Momentum positif tersebut dapat memicu semangat dan rasa tanggung jawab dalam mengurus organisasi.

Harapan saya semoga  kader muda yang telah melalui jenjang pengkaderan LAKMUD ini dapat berkontribusi aktif di pimpinannya masing-masing, menjadi kader yang militan dan istiqomah mendedikasikan diri di IPNU IPPNU”, harap rekan Rofidah. (Ketua IPPNU PK UINSA).

 

Terbaru Lebih lama

Artikel Terkait

There is no other posts in this category.

Posting Komentar