SUKSES GELAR LAKMUD 2023. PKPT UINSA BERHASIL CETAK KADER YANG LOYALITAS DAN BERINTEGRITAS?

 PKPT UINSA Gelar Latihan Kader Muda 2023


Pengkaderan lakmud merupakan salah satu rangkaian kegiatan formal yang rutin dilaksanakan setelah jenjang pengkaderan makesta di PKPT UINSA. Dengan mengusung tema “Dictum Factum : Menegaskan Identitas, Meningkatkan Loyalitas guna membentuk kader Nahdlatul Ulama’ yang berintegritas” di harapkan dapat menjadikan kader pkpt sebagai kader yang menjunjung tinggi loyalitas dan integritas antar sesama. Dictum factum disini berarti  apa yang dikatakan oleh seseorang itu adalah apa yang ia perbuat. 

Acara yang berlangsung pada tanggal 23 – 25 Juni 2023 berjalan dengan lancar dan diikuti sebanyak 43 peserta yang lolos setelah melewati seleksi essay dan screening. Ahmad Syarifuddin Syukri selaku General Manager Lakmud mengungkapkan bahwa “Panitia dan Tim Kaderisasi berhasil membuat sarang laba-laba, membuat sebuah trap ketertarikan mengikuti LAKMUD untuk anggota IPNU IPPNU. Dengan berbekal tim kaderisasi pelatih dan instruktur dari lintas daerah dan tak luput dari kinerja semua panitia, peserta LAKMUD membludak jika tidak kita screening bisa jadi dua forum”. 


Agenda lakmud resmi dibuka oleh kepala sekolah SDN Trompoasri 3 yang telah bersedia untuk memberikan tempat guna kegiatan lakmud kali ini, dan di dampingi oleh ketua PKPT IPNU IPPNU UINSA, PC IPNU Surabaya dan juga ketua Pelaksana Lakmud 2023. Pada lakmud kali ini terdapat pembeda dari lakmud sebelumnya, yakni kita selaku panitia mempersiapkan 10 materi lakmud dengan salah satunya adalah Studi Gender II yang mana ini merupakan materi baru ketika pengkaderan Lakmud di PKPT UINSA. 

Dengan berbekal ilmu pengetahuan ketika pengkaderan makesta di daerah masing masing membuat kader lakmud tahun ini lebih berkualitas daripada tahun sebelumnya, keaktifan para peserta ketika di forum sudah menjadi bukti bahwa peserta lakmud kali ini merupakan peserta yang hebat. Penyampaian materi yang baik di sertai beberapa praktek dari pemateri membuat apa yang di sampaikan dapat di terima baik oleh para peserta. 

Acara berlangsung 3 hari 2 malam ini memberikan kesan menarik bagi peserta dan panitia, dengan beberapa agenda yakni malam inagurasi dan outbound yang membuat semua orang terhibur ketika melihatnya. Setelah terselenggaranya makesta, para peserta juga dibekali penugasan RTL dari Panitia. Yakni membuat video menjelaskan materi lakmud yang telah di terima, mengadakan webinar dan khusus internal mengadakan makesta dengan syarat panitia dari kalangan pakpt uinsa, sedangkan untuk eksternal mengadakan makesta dengan panitia tak terbatas / terserah. RTL kali ini ditujukan sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat LAKMUD

Latihan Kader Muda (LAKMUD) berjalan dengan lancar, di tutup dengan closing ceremony yang menandakan bahwa kegiatan sudah selesai. Tak lupa semua yang terlibat dalam agenda kali ini juga menjadikan suksesnya acara makesta yang terselenggara di tiap tahunnya. Semoga kedepannya dapat mengawal kader yang loyalitas dan berintegritas. 

“Jujur saja, perasaan saya sangat bangga dan cukup puas atas terselenggaranya LAKMUD PKPT UINSA 2023 ini. dengan terselenggaranya pengkaderan ini, terbukti bahwasannya PKPT UINSA sudah berhasil melahirkan kader kader baru yang siap menjadi kader hebat bagi generasi PKPT UINSA khususnya. Dan saya benar benar menyaksikan secara langsung bagaimana para kader di tempa selama 3 hari 2 malam dengan mengorbankan tenaga, waktu dan pikirannya untuk kegiatan pengkaderan ini. disitulah perasaan saya terhadap kader lakmud yang bersemangat mengikuti kegiatan ini berlarut dala semangat yang membara untuk melanjutkan roda organisasi IPNU IPPNU ini. kemudian untuk harapan saya terhadap kader LAKMUD PKPT UINSA dapat saya ungkapkan dengan sebuah pantun :

Sarapan isuk mangan iwak wader lan sepat, 
Semoga peserta Lakmud 2023 menjadi kader yang hebat “ ujar Rekan Iqbal selaku ketua Pelaksana LAKMUD 2023. 

Artikel Terkait

There is no other posts in this category.

Posting Komentar