-->

Siswi SMA Hang Tuah Surabaya Menemukan Jalan Berkarier di Seminar PKPT IPNU IPPNU UINSA

Dahlan Iskan tampak mengajak berbincang salah satu rekan panitia
Surabaya, Menteri BUMN (2011-2014), Dahlan Iskan, bersama Owner Prima Hijab Outfit yakni Prismasari Novita dan juga Siswanto, selaku CEO PT. Indo Bismar hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional yang diadakan oleh Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT)  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel  (UINSA) Surabaya pada Kamis, (05/03/2020). 
Pada seminar nasional kali ini terdapat peristiwa unik. Farida Aisyah, siswi kelas 11 SMA Hang Tuah Surabaya menemukan jalan berkarier. Farida, panggilan akrabnya, diberi kesempatan bekerja sekaligus belajar berusaha di Rumah Makan Bebek Joss Gandos setelah pulang sekolah oleh Siswanto, selaku narasumber seminar. Tak hanya itu, Siswanto juga memberikan angpau karena tertarik dengan semangat salah satu peserta seminar dalam mewujudkan keinginannya untuk belajar bisnis. Dia pun mendapat pesan dari Dahlan Iskan agar tidak menyianyiakan kesepatan emas tersebut. 
Seminar nasional kali ini mengusung tema “Start Up Entrepreneurship: Membangun Kesejahteraan Kolektif yang Konektif.” Tis’atul Fitriyani, selaku pencetus tema tersebut menjelaskan bahwa pihaknya mengusung tema itu dengan tujuan agar para pemuda, khususnya mahasiswa bisa belajar Start Up Entrepreneurship, mulai dari awal bidang usaha, baik kecil maupun besar sehingga diharapkan bisa membangun kesejahteraan yang kolektif khususnya bagi mahasiswa nahdliyin yang konektif (berhubungan baik dan erat) dengan berbagai pihak.

Acara ini berlangsung di Auditorium UINSA Surabaya yang diikuti 1018 peserta dari UINSA sendiri. Tetapi tak hanya itu, seminar ini juga menarik publik sehingga diikuti 211 peserta dari luar UINSA. Turut hadir pula tamu undangan dalam kegiatan ini, yakni alumni PKPT IPNU IPPNU UINSA, Ketua MATAN UINSA, Perwakilan PKPT UNUSA, dan Ketua PAC IPNU IPPNU Kecamatan Wonocolo.

Ahmad Faisal Zam Ani, selaku ketua pelaksana seminar sekaligus direktur LEKAS mengatakan bahwasannya kegiatan ini merupakan program kerja besar yang menjadi agenda tahunan dari lembaga Ekonomi, Kewirausahaan dan Koperasi (LEKAS) PKPT IPNU IPPNU UINSA. 
“Seminar ini merupakan seminar (kewirausahaan) kedua yang pernah diadakan PKPT UINSA,  dengan tujuan pertama melatih kerjasama pengurus PKPT UINSA dalam hal kepanitian, kedua mencari pengalaman, dan ketiga belajar berwirausaha agar bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari,” tambahnya. 
Disinggung mengenai harapan untuk acara ini, Alifa Ainul Fudlla selaku ketua umum PKPT IPNU UINSA mengatakan bahwa pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat Nahdlatul Ulama (NU), agar bisa meniru apa yang dilakukan oleh beberapa wirausahawan yang sukses di jalannya, bahwa tidak ada jalan buntu untuk menjadi wirausahawan yang sukses di masa depan. "Untuk semua pengurus PKPT UINSA, semoga ilmu yang kalian dapatkan hari ini bisa menjadi bekal di dunia dan akhirat," pesannya.
“Terimakasih buat temen-temen Pengurus PKPT UINSA, seminar ini bisa mewujudkan mimpi saya agar dapat satu panggung dengan Prof. Dr. Dahlan Iskan. Tetap semangat buat temen-temen semua untuk mengadakan kegiatan seperti seminar ini, ambil hal-hal positif dari semua pemateri,” ungkap Prismasari Novita selaku narasumber. 
Mahasiswa prodi Ilmu Hadis, Kiki dan Siska, sebagai peserta mengapresiasi kegiatan seminar yang diadakan oleh PKPT UINSA. Mereka mengatakan kegiatan ini sangat bagus dan bisa menunjang mahasiswa agar termotivasi untuk berbisnis atau melek berwirausaha agar bisa mandiri. (Vir/Bhq)

Artikel Terkait

Posting Komentar