-->

IPNU IPPNU UINSA Sukses Gelar Diklatama Perdana

Gresik, Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT)  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel  (UINSA) Surabaya sukses menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pertama (DIKLATAMA). Sepanjang berdirinya "PKPT", akhirnya tahun ini DIKLATAMA dapat diadakan untuk pertama kali. DIKLATAMA tersebut dikomandoi langsung oleh lembaga Dewan Koordinasi Perguruan Tinggi (DKPT) Corps Brigade Pembangunan (CBP) Korp Pelajar Putri (KPP) UINSA serta panitia yang telah disiapkan.

Nizar Addiniyah selaku komandan KPP UINSA mengatakan, sebagai generasi muda Nahdlatul Ulama (NU), IPNU IPPNU harus kuat dan tangguh baik dalam segi fisik maupun ideologi. Dengan itu DIKLATAMA kali ini mengangkat tema “Integritas CBP-KPP: Membentuk Integritas Kader Militan”. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari di MA Darul Ma’arif Miru, Banyuurip, Kedamean, Gresik (21-23/02/2020).
“DIKLATAMA ini memang bentuk pendidikan dan pelatihan pertama di CBP-KPP, untuk itu kami mengadakan DIKLATAMA guna mempersiapkan calon komandan penerus DKPT CBP KPP di kepengurusan tahun depan agar dapat mengawal kegiatan PKPT dengan baik,” tambahnya.

“Tujuan utama dari kegiatan DIKLATAMA ini ialah mencetak kader yang sanggup memahami dan menumbuhkan sikap tanggung jawab serta kedisiplinan dalam segala hal. Tak hanya itu, DIKLATAMA juga mengajarkan agar peserta memiliki jiwa kepemimpinan, mampu bertahan dalam kondisi apapun, dan sanggup memecahkan berbagai masalah, serta yang paling penting bisa menumbuhkan sikap militan terhadap organisasi dan cinta tanah air,” ujar Rifki selaku ketua pelaksana.
Ditemui seusai kegiatan DIKLATAMA, Yunia Aprilia, Ketua Umum PKPT IPPNU  UINSA mengungkapkan bahwa pihaknya berharap di kepengurusan selanjutnya masih ada proker DIKLATAMA, supaya dapat menjaring kader yang mempunyai jiwa peka yang tinggi terhadap lingkungan sosial. 

Acara ini diikuti 27 peserta. Mereka terdiri dari anggota IPNU IPPNU UINSA. Selain itu, peserta yang berasal dari luar UINSA seperti delegasi dari PKPT IPNU IPPNU IAIN KEDIRI, PKPT IPNU IPNU UMAHA, PKPT IPNU IPNU BILFATH Lamongan, PKPT IPNU IPPNU UTM, PAC Sekaran dan lain sebagainya. Selama kegiatan berlangsung, tampak para peserta antusias mengikutinya.
DIKLATAMA berhasil membuat salah satu peserta merasa sangat terkesan, yakni Komandan Anisa, dia mengatakan bahwasannya mulai dari pematerinya sangat memuaskan, ilmu-ilmu yang didapat selama DIKLATAMA mengajarkan ia menjadi orang yang selalu kuat menghadapi situasi apapun, disiplin di segala hal dan yang paling penting bisa menjadi seorang pemimpin yang bijaksana. (Vir)


Artikel Terkait

Posting Komentar