Cetak Rekor, MAKESTA PKPT IPNU IPPNU UINSA Raih Hingga 440 Pendaftar

Mars Syubbanul Wathan berhasil membakar semangat para kader
Mojokerto - Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT)  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) dengan mengangkat tema “Moralitas An-Nahdliyah: Integritas Pelajar NU Santun Bermedia, Konsisten Beralamiyah.” Kegiatan ini dilaksanakan di Yayasan Al Hikmah Padepokan Rajasa, Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Klinterejo, Sooko, Mojokerto, selama tiga hari (18-20/10/2019).
“MAKESTA merupakan tingkatan paling awal di dalam kaderisasi IPNU IPPNU dan fungsi dari makesta ini adalah untuk mengenalkan IPNU IPPNU di khalayak umum. Dinamakan Masa Kesetiaan Anggota karena dari awal kita diuji bagaimana kesetiaan kita terhadap organisasi kalau kita mempunya nyali dan tekad yang kuat kita pasti memiliki kesetiaan yang tinggi pula” tutur Fudlla, Ketua PKPT IPNU UINSA. Ia menambahkan bahwasanya seluruh peserta di sini tidak hanya akan diajarkan menjadi orang yang pintar berteori dan berprestasi, tetapi juga akan diajarkan menjadi orang yang berguna.
Iqbal dan Fudlla tampak sedang berkoordinasi saat persiapan pemberangkatan
Minat mahasiswa terhadap PKPT UINSA mengalami peningkatan yang signifikan hingga mencetak rekor sebanyak 440 pendaftar. Namun, ketika hari pelaksanaan, peserta yang terkonfirmasi sebanyak 270 orang. "Alasan ketidakhadiran peserta dikarenakan acara bentrok dengan kegiatan organisasi lain," jelas Yunia, Ketua PKPT IPPNU UINSA.
Ketua PKPT IPNU UINSA memberi dorongan semangat kepada peserta
Peserta MAKESTA kali ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa UINSA tetapi juga diikuti mahasiswa luar UINSA. Salah satunya diikuti delegasi dari Universitas Dr. Soetomo. Mereka dibina tentang Keaswajaan, keNUan, KeIPNU-IPPNUan dan tak hanya itu mereka juga di beri pengetahuan tentang Kepemimpinan, Keorganisasian serta Sosiologi Kampus.
Ilhamullah Sumarkhan, selaku pembina PKPT IPNU UINSA dalam sambutannya mengatakan, “rekan-rekanita semua harus tetap membumikan Aswaja di kalangan kampus, di sana nanti Anda semua akan mendapatkan banyak ilmu dan saya berharap kalian menjadi kader-kader militan yang dapat menjaga Aswaja, KeNUan, dan Kebangsaan.”
Persiapan peserta pra pemberian materi
“Tujuan utama diadakan acara MAKESTA yakni untuk menanamkan ideologi Aswaja, membangun kesadaran kritis akan pentingnya berorganisasi, menanamkan keyakinan bahwa diri dan yang paling penting adalah memberi wawasan tentang kemampuan dasar organisatoris,” ungkap M. Taqiyuddin Iqbal Faiz selaku ketua panitia.
Rekan Bagus terlihat semangat menyampaikan materi

Ditemui di sela-sela kunjungan di acara MAKESTA, Ketua PC IPNU IPPNU Surabaya (Abul A’la Almaududi dan Nala Aula Rabba) mengungkapkan bahwa pihaknya berharap kepada seluruh anggota PKPT IPNU IPPNU UINSA yang sudah dibaiat agar jangan patah semangat karena ini awal pengkaderan untuk mengenalkan IPNU IPPNU di kalangan mahasiswa baru yang selanjutnya masih ada LAKMUD dan LAKUT. “Sebab 10 tahun ke depan, Nadlatul Ulama berada di tangan mereka,” ucap Abul. Pihaknya mengaku bersyukur karena tahun ini peserta membludak. “Semoga dengan adanya peserta yang seperti ini  tidak berkurang nantinya baik ketika LAKMUD maupun kegiatan rutinan, kajian atau acara yang lain,” lanjutnya.
Keseruan outbond untuk melepas penat selama sesi materi
Dalam kegiatan MAKESTA kali ini Faiz Hendra dan Alfa Nabila Mas’udi berhasil menjadi peserta terbaik. Tepat pada pukul 16.00 WIB (20/10) acara ini resmi ditutup dengan doa oleh K. Amin, selaku Kepala Padepokan Rajasa. (vir)

Artikel Terkait

Posting Komentar